Senin, 21 Maret 2016

Awas Jangan Salah Masuk Sekolah Dek!

Filled under:

Kali ini saya akan memberikan arahan bagi agan/adek2 sekalian yg bentar lagi lulus dari bangku SLTP/SMP tapi bingung mau masuk mana,entah itu SMA/SMK.STM? awas jangan sampai salah masuk sekolah ntar nyesel lho :v gini ya saya akan bercerita sedikit disini,gini aja simple deh kalo ente mau niatnya kuliah ya masuk SMA aja di sma belajar nya gk usah serius2 amat :v kok saya memberikan arahan yang tidak benar ya wkwkw ah sudahlah ya betul kalo niat nya dari sekarang mau kuliah bukan KULI AH ya :v saya saranin masuk SMA karena apa? nanti kalo udah lulus SMA sulit dapet kerjaan,rata2 lulusan SMA sulit mendapatkan pekerjaan karena perusahaan atau apapun itu bingung ini si calon karyawan punya kemampuannya dimana? Nilai raport dan ijazah? gak cukup men di dunia kerja.
  nah udah paham kan kalo masuk SMA kayak gmna? enak sih kalo masuk SMA sekolah nya gak terlalu ketat,cewenya cantik2 tpi ya kalo di SMA gtu2 aja gak ada perkembangan kitanya,nah beda cerita nya kalo kita masuk SMK,di smk kita akan di beri ilmu kejuruan atau ilmu kerja,tapi kalo menurut saya dan beberapa pengalaman temen2 saya yang sukses,ilmu yang di dapatkan di SMK yang di pakai di dalam dunia kerja hanya 40% yang sangat mencengangkan Presentasi Teori di sekolah hanya 10% nah 50% adalah ilmu yang kita cari sendiri,karna kemampuan yang kita miliki bukan dari sekolah,sekolah hanya memberi arahan,masukan,tanpa memberi keahlian khusus disisnilah skill ente2 pada di uji belajar sendiri atau otodidak jangan mau disuapin mulu kalo misalnya nanti kita melamar di dunia kerja kan pesaing nya banyak tuh apakah cukup modal lulusan SMK ya walaupun ente termasuk golongan orang berprestasi pas sebelum lulus,tapi please men ini dunia kerja,persaingan dari mana2? makanya skill harus di uji,gini ya saya sempat bertanya ke salah satu perusahaan di kota saya khusus nya di management,nah gini saya nanya nya "pak kok karyawan bp rata2 orang luar jawa semua? emng orang sini gak ada pelamarnya ya pak?" gtu sekilas pertanyaan ane kepada karyawan perusahaan tersebut,terus bp tersebut menjawab nya "gini a masalah nya kita itu butuh banget karyawan dari sini tapi ya itu para pelamar nya gak memenuhi standar minimal perusahaan ini"jwb nya.lho kok bisa ya? nahkembali lagi mungkin ini masalah skill.
   hmmmm kalo bicara masalah kerja tak akan ada habisnya mending kita bahas jurusan yang paling diminati sehingga membuat bingung bagi calon siswa untuk memilihnya,oh iya saya lupa ngingetin pada adek2 jangan asal ikutan temen2 kalian,temen kalian mau masuk jurusan TKJ smua ikut TKJ nah itu yang salah,kita harus pada prinsip kita ingat itu dek! tar kalo salah masuk jurusan nyesel lho :)
ok langsung saja saya akan menjelaskan jurusan yang paling diminati oleh para calon siswa SMK.


  • TKJ (Teknik Komputer Dan Jaringan)
Di jurusan ini kita di kenal kan dengan hardware,jaringan,code atau bahasa pemograman,biasanya anak TKJ setiap pelajaran kejuruan nya selalu bersentuhan dengan hardware-hardware komputer,ya walaupun sering berkecimpung di hardware tapi anak TKJ juga mengenal bahasa pemograman seperti coding,dll.Lulusan Tkj bisanya bekerja di perusahaan telkom,operator,dan Computers Service.

(seperti ini spoiler anak tkj)


  • Akuntansi
Akuntansi,Mungkin ini lah jurusan yang paling menyebalkan,menantang tapi banyak diminati karna keserahiannya menghitung angka dan uang banyak namun ghoib,wait bukan itu maksudnya :v di akuntansi kita di fokus kan membuat proposal dan laporan ala kantor,menghitung uang dll.kalo mau lebih jelas tanya anak akuntansi :v biasanya lulusan akuntansi bekerja di perhotelan,kantor maupun di bank.

(begini spoiler anak akuntansi)


  • Perikanan Dan Kelautan
Kategori jurusan khusus buat cowo ini biasanya keseharian nya bergelumut dengan latihan fisik,ketahanan mental dan dilatih berlayar,jurusan ini walaupun banyak mengeluarkan biaya namu seimbang jika sudah mendapatkan pekerjaan bahkan lebih,namun fisik dan mental benar - benar di uji disini.biasanya lulusan perikanan dan kelautan bisa bekerja di ketahanan militer laut dan ada yang di pekerjakan bahkan ke luar negri.

(beginilah spoiler anak pelayaran)

  • Teknik Kendaraan Ringan
hmm saya kira jurusan ini pada sudah tau,yak ini jurusan yang kebanyakan cowo di dalam nya,biasanya para insider mesin disini mengembangkan keahliannya.biasanya lulusan TKR bekerja di bengkel,perusahaan suku cadang kendaraan,

(beginilah spoiler anak tkr)

  • Rekayasa Perangkat Lunak
Di jurusan ini kita di kenalkan dengan bahasa pemograman system dan software engineer,dimana kita akan membuat aplikasi dibantu dengan code bahasa komputer,biasanya sih sering berkecimpung di Visual Basic Dan Visual Studio.lulusanya tergantung juga sih anak rok bisa kerja dimana aja.tapi kalo ente mau jadi programer ini jurusan sangat ane saranin.

(begini spoiler anak rpl)


  • Multimedia
mungkin ini menurut ane jurusan paling lengkap,karna dari seluruh teori pun ada disini misalnya anak ipa,ips,kimia dah ane pelajari berhubung ane anak MM jga :v jurusan multimedia ini sangat cocok buat yang kepengen jadi editor maupun desainer karna jurusan ini memfokuskan pada pembuatan film dan hal hal yang berbau gambar digital,disini kita juga belajar soal jaringan dan bahasa pemograman seperti halnya anak TKJ dan RPL tapi hanya 30% lulusan MM bisanya sangat di butuhkan dalam dunia kerja tergantung anaknya aja kalo serius belajarnya pasti gampang dapet kerja nya :) oh iya kalo udah lulus dari MM trus mau kuliah ane saranin ngambil keahlian Broadcasting atau Desainer Grafis karna gak akan sulit nyari kerjanya.

(beginilah spoiler anak multimedia)


Mungkin hanya segitu artikel yang saya bisa sampaikan oh iya kalo mau tanya2 soal komputer atau yang lain juga boleh kunjungi aja fb saya yak,alamat nya ada di contact us di bagian bawah blog saya,maaf bila ada kesalahan mohon di maafkan :D





3 komentar: